Perkiraan Biaya Liburan Hemat ke Bandung


Dibutuhkan perjalanan singkat namun menyenangkan karena waktu luangmu terbatas? Jangan khawatir, Kota Bandung yang terletak dekat dengan Jakarta bisa menjadi pilihan liburan akhir pekan yang sempurna. Mari kita lihat lebih lanjut mengenai biaya liburan selama 3 hari 2 malam di Kota Bandung!

Biaya Liburan selama 3 Hari 2 Malam di Kota Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu destinasi liburan populer di Indonesia. Keindahan kota ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati para wisatawan. Berbagai tujuan wisata tersedia di Kota Bandung, mulai dari yang gratis hingga yang memerlukan biaya masuk yang cukup tinggi. Jangan hanya mengira-ngira tanpa perhitungan yang matang, yuk simak rincian biaya liburan ke Bandung agar dapat merencanakan dengan baik.

1. Biaya Transportasi

Biaya transportasi menjadi unsur penting dalam perjalanan ke Bandung. Pilihan moda transportasi dapat disesuaikan dengan preferensimu. Jika ingin pilihan yang nyaman dan ekonomis, kereta api menjadi opsi yang baik.

Dengan menggunakan kereta Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir, biaya perjalanan untuk kelas eksekutif adalah Rp140 ribu, sedangkan untuk kelas ekonomi adalah Rp90 ribu. Perjalanan pulang pergi selama 3 hari akan menghabiskan biaya sekitar Rp280 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp180 ribu untuk kelas ekonomi.

Selain itu, kamu dapat menyewa motor di Bandung dengan biaya sekitar Rp70 ribu per hari pada akhir pekan. Untuk perjalanan selama 3 hari, kamu akan membutuhkan sekitar Rp210 ribu, belum termasuk biaya bensin sekitar Rp60 ribu.

2. Biaya Penginapan

Biaya penginapan memegang peranan penting dalam anggaran liburan ke Bandung. Kamu dapat memilih hotel atau penginapan sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Jika teliti dalam mencari, dapat ditemukan apartemen sewaan atau guesthouse dengan harga mulai dari Rp80 ribu per malam. Namun, bagi yang mengutamakan kenyamanan, hotel bintang tiga ke atas dapat dipesan dengan harga di atas Rp300 ribu per malam.

3. Biaya Konsumsi

Perhitungan biaya liburan juga harus mencakup biaya konsumsi sehari-hari. Kamu dapat menemukan makanan murah dengan menjelajahi street food di Bandung, seperti seblak, cilok, siomay, dengan harga mulai dari Rp10 ribu. Paskal Food Market juga menawarkan berbagai kuliner dengan harga mulai dari Rp30 ribu.

4. Biaya Wisata

Rincian biaya liburan tak lengkap tanpa mempertimbangkan biaya wisata. Kota Bandung menawarkan berbagai destinasi wisata dengan harga masuk yang beragam. Beberapa tempat wisata gratis, seperti Jalan Braga, memberikan pengalaman mengenai nuansa tempo dulu kota Bandung. Mengunjungi museum juga bisa menjadi alternatif edukatif yang terjangkau atau bahkan gratis, seperti Museum Kota Bandung dan Museum Konferensi Asia Afrika.

5. Biaya Lain-lain

Selain biaya yang telah disebutkan, perlu juga menyisihkan dana untuk keperluan tak terduga seperti parkir, biaya toilet umum, dan pembelian oleh-oleh.

Setelah melihat rincian biaya liburan ke Bandung di atas, semoga kamu sudah siap untuk menikmati waktu berlibur di Kota Bandung! Dengan perencanaan yang matang, liburan ke Kota Bandung dapat dinikmati secara menyeluruh tanpa khawatir mengenai aspek keuangan.