Tips, Syarat dan Langkah Lengkap Membuka Dealer Motor Honda


Dealer motor kini menjadi incaran banyak masyarakat seiring meningkatnya kebutuhan akan kendaraan bermotor. Selain memenuhi kebutuhan, membuka dealer motor juga memiliki potensi untuk menghasilkan omzet yang besar.

Tipe Dealer dan Bengkel Honda

Setiap daerah di Indonesia memiliki dealer motor Honda yang dilengkapi dengan fasilitas layanan purna jual, seperti fasilitas service motor. Fasilitas ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemilik dealer dalam hal perawatan dan perbaikan, tetapi juga dalam penjualan suku cadang Honda.

Berikut adalah tipe-tipe dealer dan bengkel Honda yang perlu diketahui sebelum membuka usaha.

1. H1: Dealer atau Penjualan

   - Berhak menjual sepeda motor merek Honda produksi AHM (Astra Honda Motor).

2. H2: AHASS atau Bengkel

   - Berhak menerima KPB (Kartu Perawatan Berkala) untuk motor baru maupun motor lama.

3. H3: Spare Part

   - Berhak menjual berbagai suku cadang atau Spare Part Honda Genuine Part (HGP).

Langkah-langkah Pembukaan Dealer Motor Honda

Sebelum membuka dealer motor Honda, pahami terlebih dahulu tipe-tipe dealer dan bengkel Honda. Untuk membuka dealer, kamu membutuhkan izin dari Main Dealer Honda di daerah tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Proposal Pengajuan Menjadi AHASS
   - Sertakan surat permohonan yang mencantumkan Nama Pemohon, Alamat, Pekerjaan Pemohon, dan Lokasi AHASS yang akan dibuka dengan alamat jelas dan ukuran luasnya.

2. Foto Bangunan Bengkel
   - Sertakan foto bangunan yang akan dijadikan AHASS atau minimal kontrakannya. Keberadaan bangunan sudah menjadi nilai tambah dalam pertimbangan Main Dealer.

3. Layout Bangunan
   - Berikan layout bangunan yang sederhana namun informatif. Dengan layout, Main Dealer dapat menilai kesesuaian bangunan sebagai AHASS.

4. Denah Lokasi Bangunan
   - Sertakan denah lokasi bangunan untuk memperlihatkan potensi bisnis di sekitarnya. Jelaskan jika ada lokasi potensial seperti pasar, perkantoran, atau area ramai lainnya.

5. Fotokopi KTP dan KSK
   - Sertakan fotokopi KTP dan KSK sebagai persyaratan standar dalam pengajuan.

Dengan menyusun proposal yang baik dan memenuhi persyaratan di atas, kamu dapat mengajukan izin membuka dealer motor Honda kepada Main Dealer Honda di wilayah yang dituju. Pastikan untuk melakukan persiapan dengan matang sebelum mengajukan permohonan.

Kesimpulan

Membuka dealer motor Honda bukan hanya tentang penjualan sepeda motor, tetapi juga melibatkan layanan purna jual dan perawatan. Dengan memahami tipe-tipe dealer dan bengkel Honda, serta mengikuti langkah-langkah pengajuan yang benar, kesempatan untuk mendapatkan izin dan membuka dealer resmi Honda menjadi lebih terbuka.