Cara Reset HP iPhone agar Datanya Tidak Terhapus


 

Dari waktu ke waktu, kamu mungkin perlu mengatur ulang atau reset iPhonemu. Menyetel ulang iPhone mungkin membuat kita takut data dalam hp jadi terhapus. Sebab itu, kamu perlu tahu cara reset iPhone dengan aman.

Menyetel ulang iPhone memang akan menghapus pengaturan pilihan dan informasi yang tersimpan di ponsel, seperti foto, kontak, aplikasi, dan riwayat penelusuran.

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang mungkin ingin mengatur ulang iPhone. Paling umum, orang mengatur ulang iPhone mereka karena mereka mengalami kesalahan perangkat lunak utama, seperti masalah koneksi ke jaringan atau aplikasi mogok.

Menyetel ulang telepon ke pengaturan pabriknya akan mengatasi kesalahan ini dan mengembalikan fungsi normal. Me-reset iPhone akan menghapus aplikasi, kontak, foto, pengaturan pilihan, dan informasi lain yang tersimpan di ponsel sehingga kamu dapat memulai setting dari awal.

Cara Reset HP iPhone

Sebelum kamu memulai proses mengatur ulang iPhone, kamu perlu melakukan “sinkronisasi” dengan PC atau akun iCloud untuk melindungi data. Kamu harus mencolokkan iPhone ke sumber daya menggunakan pengisi daya sehingga hp tidak kehabisan daya baterai di tengah jalan. Perlu diketahui juga ada beberapa jenis reset yang perlu kamu pahami, misalnya soft reset dan factory reset.

1. Soft Reset

Soft reset adalah cara reset hp iPhone yang paling mudah. Kamu hanya perlu menghidupkan dan mematikan iPhone. Jenis reset ini dapat kamu lakukan ketika iPhone masih bereaksi atau responsif. Cara reset iPhone dengan jenis ini dilakukan jika kamu ingin boot ulang dengan cepat. Metode untuk melakukan cara ini bervariasi tergantung dari jenis iPhone yang kamu miliki. Soft reset tidak akan menghapus data yang ada dalam iPhone-mu.

2. Factory Reset

Factory reset atau reset pabrik akan menghapus semua data yang ada pada iPhonemu. Reset pabrik akan mengembalikan iPhone ke kondisi awal saat baru dilepaskan dari pabrik. Hal ini berarti akan menghapus semua info akun, aplikasi, media, dan data yang tersimpan dalam perangkat. Selain itu, cara reset hp iPhone juga berbeda-beda. Supaya lebih detail, kamu bisa cek caranya berikut ini.

Cara Reset HP iPhone 7 dan 7 Plus

Cara reset HP iPhone dengan tipe ini adalah dengan menekan dan menahan tombol volume bagian bawah dan tombol Sleep atau Wake secara bersamaan. Volume bagian bawah terletak pada sisi kiri iPhone, sedangkan tombol Sleep/Wake ada pada bagian ujung atas perangkat. Tahan dan tekan kedua tombol tersebut sampai logo Apple muncul.

Segera lepaskan kedua tombol setelah logo Apple muncul. Apabila berhasil, iPhone kamu bisa dijalankan kembali secara normal.

Cara Reset HP iPhone 8, 8 Plus, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, dan SE (Generasi Kedua)

Cara reset iPhone untuk tipe ini berbeda dengan sebelumnya, berikut langkahnya.

  • Tekan dan lepaskan tombol volume atas yang berada di sisi kiri iPhone.
  • Tekan dan lepaskan tombol volume bagian bawah.
  • Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake di sisi kanan iPhone. Tahan hingga logo Apple ditampilkan pada layar.
  • Lepaskan tombol setelah logo ditampilkan.

Cara Reset HP iPhone Total

Melakukan reset yang ini akan menghapus data dan pengaturan pada iPhone. Apabila kamu hendak melakukan cara ini, jangan lupa untuk melakukan back up supaya data tidak hilang.

  • Buka setting atau pengaturan.
  • Pilih general atau umum.
  • Cari bagian reset yang terdapat pada bagian bawah halaman.
  • Pilih Erase All Content and Settings.
  • Isi password atau pin iPhone.
  • Tunggu hingga proses reset iPhone selesai.
  • Masukkan password Apple ID.
  • Setelah selesai, iPhone akan kembali ke pengaturan awal.
  • Cara Reset HP iPhone 6, 6s Plus, SE (Generasi Pertama)
  • Cara reset HP iPhone tipe ini dilakukan dengan menekan dan menahan tombol Sleep/Wake yang ada di ujung atas iPhone juga tombol Home secara bersamaan.

Tahanlah kedua tombol tersebut hingga muncul logo Apple. Setelah logo tersebut ditampilkan, lepaskan tombol. Perangkatmu akan bisa berjalan normal jika berhasil.

Nah, itu dia beberapa cara reset HP iPhone yang bisa kamu coba agar data tetap aman. iPhone memang menjadi salah satu HP yang punya kualitas bagus dan banyak peminatnya.